Gaya Hidup Zero Waste : Pengertian, Manfaat & Penerapannya

by | Sep 5, 2023 | Tips dan Trik | 0 comments

Apa itu Zero Waste lifestyle? Zero Waste lifestyle merupakan gaya hidup yang mengedepankan perubahan konsumsi untuk mencegah penumpukan plastik. Lantas, apa manfaat yang sebenarnya? Bagaimana prinsip dan cara kerjanya?

Oke, untuk mengupas semua pertanyaan tersebut, simak pembahasan lengkapnya mengenai gaya hidup zero waste.

Apa itu Zero Waste Lifestyle?

Zero Waste lifestyle merupakan gaya hidup untuk mengurangi atau menghilangkan sampah yang sulit terurai. Tujuan gaya hidup yang satu ini yaitu dapat meminimalkan sampah plastik terhadap lingkungan. Serta dapat mengoptimalkan sumber daya yang terbatas.

Untuk menghindari sampah sulit terurai bisa menggunakan barang yang bisa didaur ulang. Lalu, apa manfaat melakukan gaya hidup ini?

Manfaat Zero Waste Lifestyle

Dengan menerapkan gaya hidup Zero Waste, beberapa manfaat yang dapat kita ambil sebagai berikut :

1. Meminimalisir penggunaan sampah plastik

Salah satu manfaat yang paling utama yaitu meminimalisir penggunaan plastik. Dengan menerapkan prinsip ini, akan membantu mengurangi penggunaan sampah sampai berakhir di TPA.

2. Meningkatkan kreativitas

Tak hanya itu, adanya gaya hidup ini dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Seseorang didorong untuk mendaur ulang sampah yang sudah tidak digunakan untuk barang berguna.

3. Menghemat pengeluaran

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menghemat biaya pengeluaran. Dalam segi hal apa? Misalnya, dengan mengganti kantong plastik sekali pakai menggunakan totebag kain saat berbelanja. Selain itu, mengganti penggunaan botol kemasan dengan botol minum sendiri.

Baca Juga :  5 Ide Dekorasi Kamar Tidur Aesthetic Ala Korea

4. Meningkatkan kesehatan

Zero Waste lifestyle juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Dengan gaya hidup ini, kita cenderung memilih makanan sehat dan menghindari frozen food. Hal ini dapat mengurangi resiko terkena penyakit akibat mengkonsumsi makanan cepat saji.

Untuk manfaatnya sendiri, sudah dijelaskan diatas. Bagaimana dengan cara kerja lifestyle ini? Tergolong mudah atau sulit dilakukan?

Cara Kerja Zero Waste Lifestyle

Cara memulai gaya hidup Zero Waste bisa dilakukan mulai dari hal-hal kecil. Meskipun terdengar menantang dan mustahil dilakukan, ada baiknya kita mencobanya secara bertahap.

Berikut beberapa cara untuk memulai gaya hidup Zero Waste sebagai berikut :

1. Memanfaatkan barang yang ramah lingkungan

Pilihlah material yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan barang ramah lingkungan ini bisa di jadikan sebagai seni kreativitas untuk menghias rumah. Misalnya, sisa material galvalume bahan baku pintu bisa di gunakan rak sepatu, tempat gantungan.

2. Kurangi penggunaan plastik

Plastik yang susah terurai menjadi penyebab utama pencemaran. Oleh karena itu, perhatikan penggunaan kemasan plastik saat pembelian produk. Pilih produk yang di kemas menggunakan kertas atau sejenisnya.

3. Pisahkan sampah organik dan anorganik

Pemisahan sampah membantu menangani pemanasan global yang tinggi. sampah organik seperti sisa makanan dan sayuran bisa di olah untuk  pupuk kompos. Sebaliknya, untuk sampah anorganik bisa di daur ulang menjadi barang berguna.

4. Daur ulang barang tidak terpakai

Sebaiknya, jangan langsung buang yang sudah tidak terpakai. Akan tetapi, coba kreasikan dan manfaatkan barang tersbeut menjadi barang berguna. Jika barang masih bagus, coba untuk jual ke pengepul.

Itulah tadi pembahasan mengenai zero waste untuk menerapkan gaya hidup bebas sampah. Kurangi penggunaan sampah untuk menjaga bumi tetap asri.

Baca Juga :  Aturan Feng Shui Tentang Penataan Pintu Masuk Rumah

Untuk mendapatkan update terbaru, kunjungi kami di Wadja Karya Dunia.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This