Galvalume dan Galvanis, Serupa Tapi Tak Sama?

by | Aug 22, 2023 | Tips dan Trik | 0 comments

Pernahkah kamu mendengar kata galvalume/galvanis? Kata tersebut sering terdengar dalam industri konstruksi untuk atap, dinding, rangka struktur, bahkan dapat kamu gunakan sebagai pintu. Bagi kamu yang berkecimpung di dunia konstruksi pasti tidak asing dengan 2 nama tersebut.

Galvalume dan galvanis merupakan bahan yang terbuat dari baja ringan yang sudah dilapisi zinc dan aluminium yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan dan menaikkan nilai fungsi dari baja tersebut. Yang menjadi pembeda antara Galvalume dan Galvanis adalah komposisi pelapisnya.

Perbedaan Galvalume dan Galvanis yang Perlu Kamu Ketahui!

Komposisi cairan pelapis pada Galvalume terdiri Alumunium 55% dan Zinc/seng 45%. Sementara sisanya bahan-bahan lain sampai 100%. Sedangkan Galvanis terdiri dari kandungan 97% Zinc/seng dan +/- 1% Alumunium. Sisanya bahan campuran lain hingga mencapai 100%. Perbedaan komposisi pelapisan inilah yang membuat karakteristik masing-masing bahan berbeda.

Kandungan aluminium yang lebih besar pada galvalume membuat galvalume menjadi bahan anti karat serta anti korosi. Bahkan di klaim empat kali lebih tangguh daripada bahan lain. Sementara kandungan Zinc yang sangat tinggi pada Galvanis berguna untuk melindungi lembaran baja dari polutan yang bisa menimbulkan karat.

Dari segi ketahanan, galvalume lebih unggul karena memiliki daya tahan terhadap korosi. Selain itu, galvalume memiliki daya rekat cat fleksibel, tidak seperti bahan konstruksi lain. Galvalume dapat dilapisi dengan berbagai jenis cat, yang dapat mempercantik tampilan. Namun baik Galvalume dan Galvanis tidak mengalami penyusutan atau pemuaian, dan beratnya ringan namun kuat sehingga cocok sebagai bahan bangunan.

Seiring berjalannya waktu, kualitas lapisan permukaan dari hasil galvanisasi akan mengalami degradasi yang membuat korosi mudah menyebar. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kekuatannya. Namun, kedua jenis bahan ini bisa bertahan setidaknya 5 tahun hingga puluhan tahun mendatang. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena 2 bahan ini cukup berumur panjang.

Baca Juga :  Mewah! 7 Inspirasi Railing Tangga untuk Rumah Minimalis Anda

Galvalume menjadi pilihan untuk berbagai aplikasi bahan bangunan, salah satu yang terbaru adalah penggunaanya dalam pintu. Pintu galvalume menjadi sebuah inovasi dengan memanfaatkan kelebihan galvalume yang anti karat, kokoh dan tidak memuai serta menyusut. Dengan menggunakan pintu berbahan galvalume, kamu tidak perlu khawatir dengan berbagai masalah seperti karat, rayap, bolong dan lain-lain. Salah satu alternatif pintu galvalume yang dapat menjadi referensi adalah Wadja Galvalume Door, merupakan pintu kamar mandi yang memiliki berbagai keunggulan dari bahan galvalume, serta desain yang stylish yang dapat kamu sesuaikan dengan tema hunianmu. Harganya yang relatif terjangkau membuat pintu ini sangat worth it untuk dibeli.

Untuk mendapatkan update terbaru, kunjungi kami di Wadja Karya Dunia.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This