Tips Penempatan Mesin Cuci di Kamar Mandi? Simak Tips Berikut!

by | Aug 14, 2023 | Teknologi, Tips dan Trik | 1 comment

Keterbatasan suatu ruangan mengharuskan penghuni rumah memutar otak untuk menempatkan barang dengan baik. Namun, apakah boleh menempatkan barang elektronik di dalam ruangan lembab? Mesin cuci merupakan barang elektronik yang hampir semua rumah pasti tersedia. Biasanya, barang elektronik ini bisa Anda letakkan tidak jauh dari kamar mandi. Bahkan, ada beberapa yang meletakkan di dalam kamar mandi dengan alasan menghemat ruangan.

Namun, apakah boleh meletakkan barang elektronik di kamar mandi? Oke, langsung simak pembahasan lengkapnya disini!

Bolehkah Menempatkan Mesin Cuci di Kamar Mandi?

Ada beberapa dampak yang ditimbulkan saat menempatkan barang elektronik di kamar mandi. Berikut beberapa kerugian saat menempatkan mesin cuci sebagai berikut :

1. Mesin cuci dapat menghantarkan setrum

Paparan air yang sering mengenai bagian luar, terutama kabel dapat berakibat fatal lho. Hal ini akan mengakibatkan mesin cuci menghantarkan setrum ketika di sentuh.

2. Membahayakan orang di kamar mandi

Air merupakan salah satu konduktor atau penghantar listrik yang baik. Oleh karena itu, produk elektronik sebaiknya tidak diletakkan di area kamar mandi.

3. Rentan berjamur dan berkarat

Selain beresiko menghantarkan setrum, mesin cuci akan berkarat pada bagian mesin dan bodynya.

Lantas bagaimana cara penempatan mesin cuci di kamar mandi dengan baik? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk penempatan mesin cuci yaitu :

Baca Juga :  Tips Memilih Pintu Minimalis Modern, Wajib Diketahui!

1. Simpan di area tertutup

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu simpan mesin cuci di dalam lemari dengan pintu. Jangan lupa perhatikan saluran pembuangan yang terletak pada bagian belakang mesin. Rancang saluran secara khusus agar air tidak banjir saat mesin cuci di gunakan.

2. Tempatkan di area lebih tinggi

Untuk menghindari genangan air, tempatkan mesin cuci di area yang lebih tinggi. Hal ini bertujuan supaya bodi mesin cuci tetap awet dan tidak terkena air.

3. Perhatikan ukuran kamar mandi

Mesin cuci tidak cocok diletakkan di kamar mandi berukuran kecil. Jika hal tersebut dipaksakan, akan terus membahayakan orang yang ada didalamnya. Selain mengganggu aktivitas, mesin juga mudah rusak karena space ruangan yang terbatas. Pastikan ukuran kamar mandi cukup memadai untuk menyimpan mesin cuci di dalam.

4. Perhatikan jarak penempatan kamar mandi

Tips penempatan yang terakhir yaitu perhatikan jarak penempatannya. Dalam meletakkan mesin cuci, pastikan berikan jarak pada bagian dinding. Jarak ini bertujuan agar dinding tidak lembab dan masih mendapatkan udara.

Gimana, tertarik menempatkan mesin cuci di dalam kamar mandi? Yuk, jangan lupa terapkan tipsnya ya, agar lebih safety saat menempatkan mesin cuci.

Untuk mendapatkan update terbaru, kunjungi kami di Wadja Karya Dunia.

1 Comment

  1. Megan Atkinson

    Hi there,

    We run an Instagram growth service, which increases your number of followers safely and practically.

    We aim to gain you 400-1200+ real human followers per month, with all actions safe as they are made manually (no bots).

    The price is just $60 (USD) per month, and we can start immediately.

    Let me know if you wish to see some of our previous work.

    Kind Regards,
    Megan

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This