Rumah Mungil Sering Dikira Sebagai Rumah Sempit? Salah Besar!

by | Aug 8, 2023 | DIY, Tips dan Trik | 0 comments

Siapa yang sering beranggapan jika rumah mungil merupakan rumah sempit dan terbatas? Eits, itu semua salah besar ya sob. Terbatasnya lahan perumahan, menjadikan rumah yang dibangun berukuran kecil namun longgar.

Beberapa hal yang menjadikan rumah kecil di area perkotaan ini menjadi lebih sempit. Akibatnya, Anda akan merasa tidak nyaman di rumah sendiri. Jika Anda merasakan hal yang sama, rencanakan pembangunan dengan siasat yang tepat.

Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini!

Tips Rumah Mungil di Lahan Terbatas

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruangan menjadi lebih lapang yaitu :

1. Pengaplikasian atap tinggi

Membuat atap menjadi lebih tinggi dapat memberi kesan ruangan lebih lapang. Selain itu, buat rumah menjadi 2 lantai agar bisa digunakan sebagai tempat menjemur.

2. Kurangi penggunaan sekat

Terlalu banyak sekat dalam rumah menjadikan rumah terasa lebih sempit. Oleh karena itu, Anda bisa mengurangi penggunaan sekat. Misalnya pada ruang keluarga dan dapur. Gunakan sekat rak buku yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat furniture rumah.

3. Pencahayaan yang terang

Ruangan dengan pencahayaan yang maksimal membuat rumah terlihat semakin. Buka jendela setiap pagi agar cahaya matahari bisa langsung masuk kedalam rumah. Selain itu, hal ini juga bisa membuat listrik semakin hemat loh sob.

4. Penggunaan jendela berukuran besar

Agar pandangan terlihat luas, gunakan jendela berukuran besar untuk depan rumah. Dengan demikian, penghuni dapat melihat lingkungan sekitar tanpa harus ke luar rumah.

Baca Juga :  Mewah! 7 Inspirasi Railing Tangga untuk Rumah Minimalis Anda

5. Pilih furniture yang tepat

Pemilihan furniture yang tepat ini bisa Anda sesuaikan dengan rumah Anda. Jika rumah berukuran mungil, gunakan furniture yang multifungsi. Seperti sofa, meja, dan rak buku. Sebaiknya, sesuaikan warna furniture tersebut dengan cat tembok rumah. Hal ini bertujuan untuk membuat ruangan semakin selaras dan terlihat luas.

6. Manfaatkan space kosong

Pemanfaatan space kosong ini sangat diperhatikan sekali. Misalnya, Anda bisa menggunakan kamar mandi yang berada di bawah tangga. Jika tidak memungkinkan, gunakan space kosong tersebut untuk menyimpan barang-barang.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk rumah mungil Anda. Dengan siasat yang tepat, rumah mungil tidak akan sempit dan sumpek. Justru akan membuat rumah semakin nyaman. Selain itu, rumah mungil juga mempunyai beberapa keuntungan loh. Apa saja keuntungannya? Langsung simak pembahasan lengkapnya di sini.

Untuk mendapatkan update terbaru, kunjungi kami di Wadja Karya Dunia.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This