Rekomendasi Menu Sahur Sehat dan Sederhana, Mudah!

by | Apr 17, 2023 | Tips dan Trik | 0 comments

Puasa menjadi kewajiban setiap umat islam. Dalam menjalankan puasa, tubuh memerlukan energi yang cukup agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, perhatikan menu sahur yang sehat dan sederhana untuk disiapkan. Lantas, apa saja rekomendasi menu sahur yang sehat tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Menu Sahur Sehat dan Mudah Disiapkan

Berikut menu sahur sehat yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi untuk sahur sebagai berikut :

1. Air Mineral

Air mineral menjadi kebutuhan cairan yang sangat penting untuk tubuh. Jangan sampai tubuh dehidrasi dan kekurangan cairan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi air mineral 8 gelas per harinya.

Akan tetapi, pada saat puasa kita mengonsumsi air ketika sahur dan berbuka saja. Lantas bagaimana caranya mengkonsumsi air mineral 8 gelas per hari? Caranya cukup mudah, langsung ikuti cara dibawah ini ya :

  • 1 gelas setelah bangun sahur
  • 1 gelas selepas sahur
  • 1 gelas saat berbuka puasa
  • 1 gelas setelah sholat maghrib
  • 1 gelas setelah makan malam
  • 1 gelas setelah sholat isya’ dan tarawih
  • 2 gelas sebelum tidur

Pastikan cairan tubuh terpenuhi ya, supaya kita tidak dehidrasi selama menjalankan puasa.

2. Sup sayur

Menu sahur yang sangat ini cukup sederhana untuk dimasak. Selain itu, menu yang satu ini juga dapat menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Anda bisa menambahkan kentang, wortel, kubis, dan kol yang mengandung serat tinggi. Dengan mengonsumsi menu sahur ini, bisa membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga :  5 Inspirasi Desain Ruang Tamu Semi Outdoor : Minimalis dan Kekinian

3. Makanan berprotein

Selain sayur sup, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi. Seperti daging ayam, daging sapi, susu, telur, dan sebagainya. Dengan mengonsumsi makanan berprotein dapat membantu dan memperbaiki jaringan dalam tubuh.

4. Buah-buahan

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan sebagai makanan penutup sahur. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan segar seperti, pisang, apel, dan melon. Buah-buahan tersebut mengandung mineral tinggi, sehingga mampu menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa.

5. Lemak sehat

Makanan yang mengandung lemak menjadi nutrisi penting yang diperlukan tubuh sebagai cadangan energi. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi menu sahur yang satu ini. Perlu Anda ingat untuk mengonsumsi makanan lemak secukupnya ya. Berikut beberapa makanan yang mengandung lemak seperti kacang-kacangan, alpukat, ikan, dan yogurt.

6. Karbohidrat

Selain beberapa menu sahur di atas, jangan lupa untuk mengonsumsi karbohidrat saat sahur. Konsumsi kacang merah, kacang kedelai, dan kacang hijau sebagai rekomendasi menu sahur. Jika susah untuk mengkonsumsi karbohidrat, Anda bisa mengkonsumsi nasi dan roti gandum.

Itulah tadi beberapa inspirasi menu yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi menu sahur. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air mineral agar cairan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Untuk mendapatkan update terbaru, kunjungi kami di Wadja Karya Dunia.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This