Mudik Aman dan Nyaman, Cek Dulu Yuks Biar Lebih Siap!

by | Apr 7, 2023 | DIY, Tips dan Trik | 0 comments

Mudik merupakan tradisi orang Indonesia yang paling populer menjelang libur lebaran idul fitri. Periode libur yang cukup panjang ini kerap dimanfaatkan untuk mudik dan menjalin silaturahmi. Untuk perjalanan mudik yang panjang ini, perlu persiapan mental dan fisik dengan baik. Ada beberapa tips mudik nyaman dan aman yang sudah mimin rangkum di bawah. Kamu bisa menerapkannya saat mudik agar lebih nyaman saat di perjalanan. Yuk, langsung saja simak tips mudik lebaran dibawah ini! Cek dulu yuks biar lebih siap mudik!

Tips Mudik Aman dan Nyaman Ala Wadja

Berikut beberapa tips mudik yang aman dan nyaman ala wadja sebagai berikut :

1. Cek keadaan rumah sebelum mudik

Pastikan rumah dalam keadaan aman sebelum mudik dalam waktu yang cukup lama. Kamu bisa mencabut semua aliran kabel listrik, regulator gas, saluran air, dan sebagainya. Pastikan kamu mengunci pintu dan jendela dengan baik dan benar. Jika ingin lebih aman, infokan tetangga yang tidak mudik untuk membantu mengawasi rumah.

2. Beli tiket perjalanan jauh-jauh hari

Jika kamu mudik menggunakan transportasi umum, kamu bisa membeli tiket perjalan jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kamu kehabisan tiket perjalanan. Pastikan kamu membeli tiket perjalanannya jauh-jauh hari sebelum musim mudik tiba. Saat mendekati musim mudik harga tiket akan cenderung naik dan melonjak dengan cepat.

Baca Juga :  Pintu Teras Anti Maling: Solusi Optimal untuk Keamanan Rumah

3. Hindari mudik terlalu dekat dengan hari H

Nah, tips mudik yang satu ini harus kamu perhatikan dengan baik. Sebaiknya hindari mudik terlalu dekat dengan hari H.
Hal ini dikarenakan kamu akan merasakan capek karena mengejar waktu. Selain itu, kamu juga merasa tidak nyaman saat melakukan perjalanan.

4. Siapkan kesehatan fisik dan mental

Kesehatan fisik dan mental sangat penting untuk kamu perhatikan ketika melakukan perjalanan mudik. Pastikan kondisi tubuh kamu dalam keadaan fit saat mudik tiba. Jaga kondisi tubuh dengan rutin berolahraga, menjaga pola makan, dan mengonsumsi suplemen kesehatan.

5. Bekal perjalanan mudik dengan obat-obatan dan makanan ringan

Tips yang ini lebih ke jaga-jaga terkait hal-hal yang tidak diinginkan saat mudik. Terlebih jika kamu mempunyai penyakit yang mudah kambuh, seperti magh, lambung, dan sebagainya. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa bekal makanan agar kamu tetap dalam kondisi mood yang baik saat mudik.

6. Persiapkan uang tunai dan dokumen penting

Persiapkan dokumen penting yang wajib dibawa selama perjalanan mudik, seperti KTP, SIM, E-TOLL. Selain itu, pastikan kamu membawa uang tunai pecahan untuk mempermudah transaksi dan berjaga-jaga.

7. Bawa barang secukupnya

Utamakan untuk membawa pakaian ganti lengkap dengan dalaman secukupnya sesuai waktu menginap. Bawa perlengkapan tambahan seperti perlengkapan mandi saat di perjalanan. Dan bawa oleh-oleh secukupnya saja.

8. Istirahat yang cukup

Kondisi tubuh yang fit sangat penting untuk memastikan keamanan saat perjalanan mudik. Oleh karena itu, pastikan sebelum melakukan perjalanan, kamu bisa beristirahat dengan cukup. Pastikan kamu tidak memaksakan perjalanan ketika sudah merasa lelah dan mengantuk.

Itulah tadi beberapa tips mudik lebaran yang wajib kamu perhatikan dengan baik. Yuk, ikuti tipsnya dan praktekkan saat mudik nanti. Hati-hati di jalan dan utamakan keselamatan.

Baca Juga :  Tahan lama dan estetis: Panduan Memilih Pintu Eksterior

Untuk mendapatkan update terbaru, kunjungi kami di Wadja Karya Dunia.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This