Tagihan Listrik Membengkak? Ikuti 7 Cara Menghemat Listrik Rumah

by | Mar 24, 2023 | DIY, Lifestyle, Tips dan Trik | 0 comments

Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. Pepatah yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi kan di telinga? Nah, coba kita kaitkan dengan penghematan listrik di rumah. Alasan penghematan listrik tidak lain yaitu untuk mengurangi tagihan listrik yang membengkak. Listrik menjadi kebutuhan yang paling penting untuk manusia. Tanpa adanya listrik, aktivitas yang kita lakukan akan terasa kurang dan menyulitkan. Menghemat listrik merupakan hal yang sepatutnya kita lakukan. Secara tidak disadari, terkadang kita masih boros dalam menggunakan listrik.

Beberapa cara menghemat listrik agar tagihan listrik tidak membengkak. Berikut mimin akan memberikan cara menghemat listrik di rumah. Simak penjelasan lengkapnya langsung yaa!

7 Cara Menghemat Listrik di Rumah

Berikut hal-hal kecil yang perlu kita perhatikan untuk menghemat listrik sebagai berikut :

1. Mematikan lampu saat siang hari

cara menghemat listrik

Manfaatkan cahaya matahari pagi untuk menyinari rumah saat siang hari. Agar lebih maksimal, pastikan cahaya matahari ini masuk melalui celah jendela. Akan tetapi, sebagian orang banyak yang menyepelekan hal tersebut. Padahal, jika kita lakukan secara rutin dapat menghemat listrik dalam kehidupan sehari-hari.

2. Cabut stop kontak saat malam hari

Tanpa kita sadari, kita sering mengalami hal yang satu ini kan? Salah satunya yaitu charger HP yang masih tertancap pada stop kontak setelah digunakan. Padahal, listrik akan tetap mengalir kabel masih tertancap pada stop kontak. Oleh karena itu, untuk menghemat listrik kita bisa mencabut kabel-kabel yang masih tertancap.

Baca Juga :  Tips Mendesain Kamar Mandi Menurut Feng Shui

3. Nyalakan AC seperlunya

cara menghemat listrik AC

Pemakaian AC berlebihan membuat bengkaknya tagihan listrik. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan ventilasi udara pada siang hari. Jika kita masih gerah, kita bisa menyalakan kipas dengan konsumsi listrik yang sedikit.

4. Matikan TV jika tidak digunakan

Nonton TV tapi sambil main HP? Siapa nih yang sering kaya gini? Tanpa kalian sadari, perilaku ini membuat listrik boros loh. Jika tidak digunakan, kita bisa mencabut kabel yang masih tertancap pada stop kontak.

5. Gunakan lampu LED

Penggunaan lampu LED tergolong lebih hemat daripada lainnya. Hal ini karena lampu LED mempunyai watt yang lebih rendah dibandingkan lampu konvensional. Dengan watt yang kecil, lampu LED bisa kita gunakan dalam jangka waktu yang lama. Cara ini dapat mengatasi tagihan listrik yang membengkak.

6. Mencuci baju dalam satu waktu

Untuk mesin cuci dengan daya besar, sebaiknya mencuci pakaian kotor secara bersamaan. Untuk penggunaan yang hemat listrik, tentukan jadwal yang tepat untuk mencuci baju.

7. Hindari dispenser air listrik

cara menghemat listrik dispenser

Penggunaan dispenser air listrik memiliki watt yang cukup tinggi daripada kulkas dan AC. untuk menghindari hal semacam itu, kita bisa menggunakan dispenser manual untuk mengurangi pemborosan listrik.

Itulah tadi beberapa cara untuk menghemat listrik di rumah. Kita bisa melakukan hal-hal kecil untuk menghindari pemborosan pada listrik. Yuk, praktekkan dan terapkan sekarang juga. Untuk mendapatkan update terbaru, Anda bisa mengunjungi kami di Wadja Karya Dunia.

Baca Artikel selengkapnya : 5 Inspirasi Model Pintu Kamar Elegan, Kamu Wajib Punya!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This