Pintu Memuai : Penyebab, Cara Mengatasi, dan Pencegahannya

by | Dec 28, 2022 | Tips dan Trik | 0 comments

Anda mempunyai pintu yang sering memuai pada saat hujan? Atau, bahkan sering menyusut dengan mudah? Itu tandanya, Anda harus beralih menggunakan pintu tropis ramah lingkungan dengan material terbaik. Pemuaian dan penyusutan pintu ini karena kayu menyerap lebih banyak kandungan air daripada biasanya. Kandungan air tersebut dari kelembapan udara yang cukup tinggi sehingga menyebabkan pemuain pada pintu. Kalau sudah begitu, Anda harus mengatasinya agar pintu tidak semakin rusak. Lantas, bagaimana cara mengatasi pintu memuai?

Eitss, jangan khawatir. Pada kesempatan kali ini, Admin akan memberikan beberapa cara pencegahan agar pintu tidak memuai dan menyusut. Daripada semakin penasaran, yuk simak penjelasannya!

Kenapa Pintu Bisa Memuai?

Pintu memuai disebabkan karena kayu menyerap kandungan air lebih banyak dari kelembapan udara yang cukup tinggi. Jika kandungan air dipintu semakin banyak dan tinggi, maka pintu akan mudah memuai dan sedikit lebih besar. Selain itu, pintu yang memuai akan sulit untuk dibuka dan ditutup. Lebih sulitnya lagi, pintu akan susah untuk dirapatkan dan dikunci.

Cara Mengatasi Pintu Memuai

Berikut ini beberapa cara mengatasi pintu memuai yaitu sebagai berikut :

1. Jemur daun pintu

Jika Anda menggunakan pintu kayu, Anda bisa menjemur daun pintu yang memuai dibawah terik sinar matahari. Hal ini bisa mengurangi kadar air yang tinggi pada pintu. Caranya cukup mudah sekali, Anda hanya perlu melepaskan daun pintu dari kusen. Setelah itu, jemur sampai mengering dan pasang kembali daun pintu dengan kusennya.

Baca Juga :  Rumah Anti Banjir: Tips yang Layak dicoba

2. Serut daun pintu kayu

Setelah daun pintu dijemur dan sudah mengering, Anda bisa menyerut kayunya dengan ukuran 1-2 milimeter. Jangan sampai menyerut daun pintu dengan ketebalan 4 milimeter. Hal ini dkarenakan daun pintu akan semakin menjauh dari kusennya.

3. Lapisi daun pintu dengan cat berbahan dasar minyak

Untuk mencegah pemuaian kayu pada saat musim hujan, Anda bisa melapisi daun pintu menggunakan cat berbahan dasar minyak atau menggunakan cat plitur. Hal ini bertujuan agar pintu bisa meminimalisir air dengan baik.

Cara Mencegah Pintu Agar Tidak Memuai

Berikut ini beberapa cara pencegahan agar pintu tidak cepat memuai pada saat musim hujan yaitu sebagai berikut :

1. Menggunakan material terbaik

Solusi dan pencegahan pintu memuai yaitu menggunakan material terbaik dan kuat untuk pintu Anda. Anda bisa menggunakan pintu tropis ramah lingkungan yang tahan terhadap iklim tropis. Selain itu, pintu ini juga tahan terhadap pemuaian dan penyusutan. Untuk pintu tropis anti muai ini, Anda bisa menggunakan Maxi Steel Door. Solusi pintu tropis ramah lingkungan? Maxi Steel Door aja.

2. Beri rongga antara daun pintu dan kusen

Cara pencegahan selanjutnya yaitu pastikan pada saat Anda memasang pintu, berikan rongga antara daun dan kusen pintu. Hal ini merupakan sebuah antisipasi agar pintu masih bisa ditutup dengan rapat pada saat memuai.

Itulah tadi penyebab pintu memuai dan cara mengatasinya. Solusi terbaik mengatasi pemuaian pada pintu ini yaitu menggunakan pintu dengan material terbaik dan bagus. Atau Anda juga bisa menggunakan pintu tropis ramah lingkungan dari Maxi Steel Door.

Untuk mendapatkan informasi dan update terbaru, Anda bisa mengunjungi kami di Wadja Karya Dunia.

Baca Juga :  Bersihkan 5 Ruangan ini Agar Terhindar dari Kuman Bakteri!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This