Cara Mengatasi Dinding Rumah Berjamur

by | Nov 23, 2022 | Tips dan Trik | 0 comments

Dinding rumah yang kotor dan lembab, pasti akan membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman dan juga merasa jijik. Selain itu, jamur juga berbahaya bagi kesehatan, terutama kulit dan pernapasan. Penyebab dinding rumah berjamur ini biasanya udara dan lingkungan yang terlalu lembab. Selain itu, penyebab tumbuhnya jamur pada dinding rumah yaitu kebocoran pipa air dan ventilasi udara yang kurang bagus. Kira-kira bagaimana cara mengatasi dinding rumah berjamur? Yuk, intip penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Cara Mengatasi Dinding Rumah Berjamur

Dinding rumah yang lembab dan berjamur harus segera dibersihkan sebelum bertambah banyak dan mengganggu kesehatan. Maka dari itu, Anda bisa melakukan cara ini untuk mengatasi dinding rumah yang berjamur dengan cara :

1. Bersihkan jamur menggunakan air cuka

Anda bisa menggunakan air cuka ini untuk membersihkan jamur dan kotoran yang menempel pada dinding. Anda bisa mencampurkan cuka dengan air putih dengan perbandingan 1 : 1. Jika kedua bahan tersebut sudah dicampurkan, Anda bisa menyemprotkan cairan tersebut ke dinding yang berjamur.
Anda bisa menggunakan cairan ini sebelum jamur tumbuh banyak, jika jamur pada dinding sudah menyebar, Anda disarankan untuk menggunakan cairan anti jamur sesuai dengan petunjuk penggunaan.

2. Menggunakan amplas

Anda bisa menggunakan amplas untuk membersihkan dinding yang berjamur. Akan tetapi, cara ini akan membuat dinding rumah berpori bori. Sebaiknya, sebelum Anda mengamplas dinding, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu menggunakan air yang mendidih dengan campuran cairan pembersih.

Baca Juga :  5 Tanaman Hias Indoor Cocok Diletakkan di Area Kamar Mandi

3. Gunakan kaporit

Selain menggunakan cairan pembersih, Anda bisa membersihkan jamur pada dinding menggunakan kaporit. Caranya mudah sekali, setelah dinding selesai di amplas, oleskan kaporit pada permukaan dinding yang berjamur. Anda harus menggunakan pelindung tangan agar terhindar dari zat kimia yang berbahaya.

4. Gunakan cat pelapis anti bocor

Cat pelapis ini bisa membantu mencegah dinding bocor atau lembab. Anda bisa meminta rekomendasi toko bangunan mengenai cat dinding yang anti bocor dan lembab. Caranya cukup mudah sekali, Anda hanya perlu mengecat ulang dinding yang sudah dibersihkan dari jamur menggunakan cat pelapis anti bocor.

5. Rutin membersihkan dinding

Selain beberapa cara diatas, cara terakhir yang harus dilakukan yaitu rutin membersihkan dinding setiap minggu menggunakan air. Hal ini bertujuan dinding bebas dari jamur dan kotoran yang menempel.

Itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi dinding rumah yang lembab dan berjamur. Anda harus rutin membersihkan dinding, agar rumah semakin nyaman dan terbebas dari kotoran. Untuk mendapatkan informasi terbaru dan terupdate, Anda bisa mengunjungi kami di Wadja Karya Dunia.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This